SENYUM DUA JARI



Pujian dapat menghemat uang kita, mempererat hubungan dan menciptakan kebahagiaan. Kita perlu lebih menaburnya ke sekitar kita.
Orang yang paling sulit untuk kita puji adalah diri kita sendiri, saya dibesarkan untuk percaya bahwa memuji diri sendiri akan membuat kita menjadi besar kepala. Bukan begitu, yang benar adalah menjadi besar hati. Memuji kulaitas baik dari kita sendiri berarti membesarkan hati dengan cara yang positif.

Ketika saat ini saya menjadi mahasiswa, yang pertama-tama saya lakukan adalah ketika bangun pagi.
“pergi kekamar mandi,”
“dan aku menatap sebuah cermin kecil di kamar mandiku. Dan aku usahakan utk tersenyum pada diriku sendiri, walau itu sangat susah dan kadang bahkan aku ngeri utk melihat diriku sndiri”
Tapi jika aku tak bisa tersenyum secara alami, aku dapat memakai 2 jariku, taruh di kedua sudut mulut dan menekan ke atas, seperti itu caranya. Dan saya mencobanya tiap hari.
Pada suatu pagi berikutnya saya menarik turun diri saya dari tempat tidur melangkah terhuyung-huyung ke kamar mandi. Saya menatap wajah saya sendiri di cerimn dan “arrggghhhhhh” itu bukan sebuah pemandangan yg manis, sebuah  senyum alami tidak dapat muncul. Jadi saya coba meletakkan dua jari telunjuk di kedua sudut mulut dan menekannya ke atas, lantas saya melihat seorang mahasiiswa muda bodoh menampilkan wajah tololnya di cermin dan saya tak tahan untuk untuk tak tersenyum.
Begitu muncul senyum alami, saya melihat mahasiswa di cermin tersenyum kepada saya. Saya pun tersenyum lebar dan mahasiswa yang di cermin pun membalas dengan senyum yang lebih lebar pula. Dalam beberapa detik kami mengakhirinya dengan tertawa bersama-sama.

Saya terus mempraktikan senyum dua jari tersebut setiap paginya ketika bangun tidur, tak peduli bagaimana perasaaan saya saat bangun, saya segera tertawa begitu melihat diri saya di cermin biasanya sih dengan bantuan dua jari. Dan sekarangpun orang di sekitar saya banyak bilang kalau saya banyak senyum barangkali otot-otot disekitar mulut saya jaadi menetap dalam posisi itu.

Kita dapat mencoba trik dua jari kapan saja, terutama bermanfaat ketika kita merasa sakit, bosan aata tertekan. Tertawa telah terbukti bisa melelpaskan hormon endorfin ke dalam aliran darah  kita, yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita dan membuat kita merasa bahagia.

“ spritually and helath magazine”
Previous
Next Post »