pratikum daskom 3


soal pendahuluan 3

  1. Apa yang dimaksud dengan IP addres ? jelaskan !
  2. apa yang dimaksud dengan topologi jaringan? jelaskan !
  3. apa yang dimaksud protokol dalam sebuah jaringan ? jelaskan masing-masing !
  4. jelaskan kegunaan dan perbedaan dari modem,hub dan switch!

Jawab :


1. IP Address adalah : Alamat yang diberikan pada jaringan computer dan peralatan jaringan yang menggunakan protocol TCP/IP.
IP address memiliki dua fungsi, yakni:
1.   Sebagai alat identifikasi host atau antarmuka pada jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti nama orang sebagai suatu metode untuk mengenali siapa orang tersebut. dalam jaringan komputer berlaku hal yang sama
2.Sebagai alamat lokasi jaringan.
Fungsi ini diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Untuk memudahkan pengiriman paket data, maka IP address memuat informasi keberadaannya. Ada rute yang harus dilalui agar data dapat sampai ke komputer yang dituju. 
IP address menggunakan bilangan 32 bit. Sistem ini dikenal dengan nama Internet Protocol version 4 atau IPv4. Saat ini IPv4 masih digunakan meskipun sudah ada IPv6 yang diperkenalkan pada tahun 1995. Hal ini dikarenakan tingginya pertumbuhan jumlah komputer yang terkoneksi ke internet. Maka dibutuhkan alamat yang lebih banyak yang mampu mengidentifikasi banyak anggota jaringan.

2. Topologi Jaringan adalah : suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.

Ada bermacam macam topologi jaringan komputer yang banyak di gunakan saat ini antara lain adalah Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Star, Topologi Mesh, Topologi Linear, masing-masing jenis topologi ini mempunyai kelebihan dan kekurangannnya sendiri.

3. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik computer. 
 Macam-macam Protokol :

a.TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
Adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
b. UDP ( User Datagram Protokol)
UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transpor TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
c.Domain Name System (DNS)
Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
d.Point-to-Point Protocol
Point-to-Point Protocol (sering disingkat menjadi PPP) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang banyak digunakan pada wide area network (WAN).
e.POP3 (Post Office Protocol)
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server.
f.SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
adalah suatu  protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet

4.  Kegunaan dan Perbedaan                                                           
kegunaan : 
a. Modem : Kegunaan modem untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya
b.HUB kegunaan HUB digunakan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan.
c.Switch : digunakan untuk meghubungkan banyak host ke Network.
Perbedaan : 
a. Modem : alat komunikasi dua arah yaitu sebagai peubah sinyal.
b. Switch : sebagai penyambung dan bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke mana-mana.
c. hub : hanya sebagai penyambung
Previous
Next Post »