tugas pendahuluan 5 kernel dan shell

Nama      : Ramadhan
NBI        : 1461405021
Kelas      :  S4
Pratikum : Sistem Operasi
Tugas      : Pendahuluan v
Acc Dosen
Assisten Lab

 1.    Perbedaan antara kernel dan shell
Kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi, yang juga berfungsi sebagai untuk mengelola sumber daya komputer dan memungkinkan program lain untuk menjalankan dan menggunakan sumber daya komputer tersebut.
Shell adalah sebuah program yang mengambil alih perintah yang diketikkan melalui keyboard dan menyampaikannya kepada sistem operasi untuk dapat diproses lebih lanjut. Pada umumnya shell juga mengelola proses yang berjalan secara foreground dan background.

Note: Perbedaan antara kernel dan shell yang signifikan (by:ardan gage) terdapat pada fungsinya, kernel yang berfungsi sebagai untuk mengelola suber daya komputer secara aman, sedangkan shel berfungsi  sebagai bagian dari jembata antara kernel dan user.
 2. Macam-macam shell

A . Bourne Shell
Diciptakan oleh Steven Bourne. Shell pertama di Unix. Bourne shell merupakan bahasa pemrograman shell yag cukup baik namun kurang nyaman dalam interaktivitas karena tidak dilengkai fasilitas command line completion atau auto complete. Sehingga penulisan script harus dilakukan secara manual.

B .C Shell
Bill Joy mengembangkan bahasa pemrograman shell yang lebih mirip dengan bahasa pemrograman C bagi sebagaian orang dianggap lebih sulit. Kelebihan bahasa pemrograman shell ini daripada Bourne shell adalah sudah tersedia fitur command line completion atau auto complete. Untuk melengkapi perintah kita hanya perlu menekan tombol Tab.

C .Korn Shell
Diciptakan oleh Dave Korn. Shell ini merupakan penyempurnaan dari kedua shell sebelumnya yaitu Bourne shell dan C Shell. Memiliki interaktivitas yang baik dan gaya pemrograman yang lebih mudah.

D.Bourne Again Shell (Bash)
Merupakan bahasa pemrograman shell yang saat ini banyak dipakai pada sistem operasi linux. memliki interaktivitas yang lebih sempurna daripada sebelumnya serta gaya bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk digunakan.
Untuk mengetahui dan mengganti shell yang kita gunakan. ketikkan perintah berikut :
$echo $BASH_VERSION
bash 2.04.12(1)-release

E. cari sendiri cuk




3.fungsi dari operator bilangan bulat pada linux




semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang lagi pratikum :) 

deskripsi penelusuran : perbedaan antara kernel dan shell di linux, macam-macam shell, operator bilangan bulat pada linux. sistem operasi linux

Previous
Next Post »